Minggu, 11 Desember 2016

Analisis Strategi Komunikasi PT. Sosrodjojo


oleh : Maksum Roby Yahya (L1B015024)

Perusahaan SOSRO adalah perusahaan teh dalam botol pertama yang hadir di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh keluarga Sosrodjojo tahun 1940 dan sudah berkembang pesat hingga sekarang. Berkembangnya Perusahaan Sosro tidak lepas dari Strategi Komunikasi kepada konsumen yang diterapkan secara baik dengan memanfaatkan segala kekuatan yang dimiliki dan menanggulangi kekurangan yang ada serta menggunakan setiap peluang dan mengurangi hambatan. Berikut ini adalah analisis SWOT dari produk SOSRO
1.      Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk Sosro ini adalah sebagai produk teh dalam botol pertama yang ada di Indonesia sehingga Sosro menjadi brand teh botol yang pertama dikenal oleh masyarakat Indonesia
2.      Weakness (Kelemahan)
Dalam perkembangannya,Teh Botol Sosro memiliki kelemahan di bagian pengemasan. Pada awal perkembangannya,perusahaan sosro mengenalkan  produknya ke pasar dengan cara melakukan testing produk ditempat namun hasilnya kurang maksimal karena proses pembuatan yg memakan waktu dan rasa yang kurang maksimal karena disajikan terlalu panas. Akhirnya Sosro melakukan inovasi dengan cara memasukan teh ke dalam botol kaca lalu ditawarkan kekantor kantor. Inovasi ini terbukti berhasil dan sampai sekarang Sosro masih menggunakan botol kaca dalam pengemasan produknya
3.      Opportunity (Peluang)
Masyarakat Indonesia cenderung menyukai minuman yang cepat,murah dan simpel. Sosro sudah memenuhi persyaratan tersebut dalam produknya karena Sosro bisa dengan mudah didapatkan di mana saja dan juga harga dari produk sosro sendiri tergolong murah.
4.      Threath (Hambatan)
Dilihat dari keberhasilan Sosro dalam menjual teh dalam botol,banyak produk produk serupa yang hadir di pasaran seperti Teh Pucuk dan Mytea. Hal ini tentu saja menjadi hambatan bagi Sosro  dalam menguasai Pasar teh botol di Indonesia.
Dilihat dari Strategi Komunikasi yg dilakukan Sosro kepada konsumennya sepertinya sudah cukup berhasil karena sampai sekarang Teh Botol Sosro masih menjadi Top of Mind untuk produk Teh dalam botol. Namun Sosro juga harus tetap berinovasi agar tetap bisa menjadi Brand Leader teh dalam botol di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar