Senin, 12 Desember 2016

Analisi Strategi Pemasaran Produk Air Minum “AQUA”



Oleh : Kaolan Sadida (L1B015018)

Aqua merupakan produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT.Golden Mississipi Tbk. Sejak tahun 1973 perusahaan ini tidak hanya memasarkan produknya di dalam negeri tetapi ikut menjadi pengekspor air minum yakni ke beberapa negara tetangga seperti : Malaysia,Singapura dan Brunei Darussalam.
Analisis SWOT
KEKUATAN
Market leader bisnis air mineral
Kualitas produk sudah diketahui konsumen
Menggunakan peralatan canggih
Design produk yang menarik
Kemasan praktis
Kemasan yang digunakan bisa didaur ulang
Mempunyai banyak kegiatan CSR.
KELEMAHAN
Kendali pasokan berada ditangan distributor atau pemasok
Diperlukan modal kerja yang cukup besar
PELUANG
Brand awareness yang tinggi
Track record distribusi yang cukup bagus bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan produk
Pengembangan pasar
ANCAMAN
Munculnya pesaing dengan harga produk yang lebih murah
Terdapatnya depo pengisian air mineral (isi ulang).
            Produk air mineral Aqua merupakan salah satu penguasa pangsa pasar air mineral di Indonesia karena Aqua sudah mulai dipasarkan sejak tahun 1973 (43 tahun) yang membuat Aqua menjadi merek generik di Indonesia.Salah satu strategi pemasaran yang membuat Aqua semakin dikenal konsumen adalah slogan “air sehat setiap saat” slogan ini sangat mudah untuk diingat dan dipahami serta merupakan fakta yang telah teruji melalui penelitian ilmiah salain itu perusahaan ini mampu mengambil tempat atau perhatian masyarakat melalui berbagai kegiatan CSR baik dibidang pendidikan,lingkungan bahkan kegiatan sosial budaya. Salah satu kegiatan CSR yang paling menyita perhatian yaitu “ 1untuk 10 (setiap pembelian 1 liter Aqua berarti menyumbangkan 10 liter air bersih untuk daerah yang kekurangan air di NTT) yang memberi keuntngan bagi kedua pihak. Melalu kegiatan ini penjualan atau pemasaran dari produk Aquansemakin meningkat, disisi lain warga NTT juga mendapatkan akses air bersih yang memadai.
            Strategi pemasaran yang diguanakan Aqua melalui program “Temukan Indonesiamu” .Melalui program ini Aqua berinovasi dengan mengganti design kemasan dengan design baru yang menonjolkan kebudayaan Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar