Oleh : Kaolan Sadida (L1B015018)
Aqua merupakan produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh
PT.Golden Mississipi Tbk. Sejak tahun 1973 perusahaan ini tidak hanya
memasarkan produknya di dalam negeri tetapi ikut menjadi pengekspor air minum
yakni ke beberapa negara tetangga seperti : Malaysia,Singapura dan Brunei
Darussalam.
Analisis SWOT
KEKUATAN
Market leader bisnis air mineral
Kualitas produk sudah diketahui konsumen
Menggunakan peralatan canggih
Design produk yang menarik
Kemasan praktis
Kemasan yang digunakan bisa didaur ulang
Mempunyai banyak kegiatan CSR.
KELEMAHAN
Kendali pasokan berada ditangan distributor atau pemasok
Diperlukan modal kerja yang cukup besar
PELUANG
Brand awareness yang tinggi
Track record distribusi yang cukup bagus bisa
dimanfaatkan untuk mengembangkan produk
Pengembangan pasar
ANCAMAN
Munculnya pesaing dengan harga produk yang lebih murah
Terdapatnya depo pengisian air mineral (isi ulang).
Produk
air mineral Aqua merupakan salah satu penguasa pangsa pasar air mineral di Indonesia
karena Aqua sudah mulai dipasarkan sejak tahun 1973 (43 tahun) yang membuat
Aqua menjadi merek generik di Indonesia.Salah satu strategi pemasaran yang
membuat Aqua semakin dikenal konsumen adalah slogan “air sehat setiap saat” slogan ini sangat mudah untuk diingat dan
dipahami serta merupakan fakta yang telah teruji melalui penelitian ilmiah
salain itu perusahaan ini mampu mengambil tempat atau perhatian masyarakat
melalui berbagai kegiatan CSR baik dibidang pendidikan,lingkungan bahkan
kegiatan sosial budaya. Salah satu kegiatan CSR yang paling menyita perhatian
yaitu “ 1untuk 10 (setiap pembelian 1 liter Aqua berarti menyumbangkan 10 liter
air bersih untuk daerah yang kekurangan air di NTT) yang memberi keuntngan bagi
kedua pihak. Melalu kegiatan ini penjualan atau pemasaran dari produk Aquansemakin
meningkat, disisi lain warga NTT juga mendapatkan akses air bersih yang
memadai.
Strategi
pemasaran yang diguanakan Aqua melalui program “Temukan Indonesiamu” .Melalui
program ini Aqua berinovasi dengan mengganti design kemasan dengan design baru
yang menonjolkan kebudayaan Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar