Oleh
: Puala Nesha Setyaningsih (L1B015035)
Starbucks
Corporation adalah sebuah perusahaan kopi terbesar di dunia yang berasal dari
Amerika Serikat. Berpusat di Seattle, Washington, memiliki 20.336 kedai di 61 negara. Starbucks
menjual minuman panas, dingin, biji kopi, salad, sandwich, kue kering, camilan,
dan barang seperti gelas dan tumbler. Melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film.[1]
Analisis SWOT
Kekuatan
- Starbucks adalah perusahaan kopi terbesar di dunia.
- Layanan Wi-Fi gratis di seluruh kedai Starbucks.
- Pangsa pasar dan pertumbuhan pasar tinggi.
- Memiliki program untuk membantu lingkungan, contoh program daur ulang dan penghematan air.
- Memiliki Starbucks Serikat Pekerja yang membantu karyawan untuk menginformasikan pikiran mereka kepada manajemen.
Kelemahan
- Harga tinggi sehingga tidak semua jenis pasar bisa membeli produk Starbucks.
Peluang
- Dapat mengubah citra negatif kopi menjadi positif.
- Tingkat konsumen tinggi.
- Mudah menembus pasar karena apa yang dijualnya adalah pemenuhan harga diri masyarakat yang merupakan alasan utama mengapa masyarakat membeli suatu produk.
- Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi dan pasar, terutama di perkotaan.
- Produk yang beragam tidak hanya di kopi.
Ancaman
- Krisis keuangan global yang membuat masyarakat cenderung untuk tidak menghabiskan terlalu banyak uang.
- Sentimental masalah dengan efek buruk kopi dari masyarakat.
Dalam
memasarkan produknya ada beberapa startegi yag dilakukan oleh perusahaan ini,
antara lain :
1. Membeli sewa kedai pesaing
2. Sengaja mengalami kerugian
3. Memusatkan beberapa kedai
di daerah kecil (penjenuhan pasar)
4. Lokasi kedai Starbucks yang
strategis (Mall, stasiun kereta, bandar udara, dsb).
Starbucks
dapat dikatakan telah menguasai pasar kopi di dunia walaupun banyak mengalami
kontroversi, ini juga yang menjadi salah satu strategi pemasaran mereka. Di
Indonesia sendiri, Starbucks berencana menambah 100 kedai kopinya di tahun 2015
dan telah membuka 35 kedai di kota yang berbeda-beda karena tingginya tingkat
permintaan masyarakat.
Penilain
Berdasarkan
sejarah berdirinya, salah satu perusahaan kopi tersbesar di dunia ini memiliki
beragam produk mulai dari minuman hingga makanan. Dengan inovasi yang dilakukan
perusahaan pada produknya, menyebabkan banyak masyrakat yang menyukai produk
starbucks ini. Selain itu, untuk pemilihan tempat juga merupakan salah satu
faktor yang menyebabkan masyarakat menyukai produk starbucks. Di samping itu,
design menarik dari setiap kedai juga menambah rasa kenyamanan masyarakat yang
menikmati produk starbucks. Oleh karena itu, masyarakat selain menyukai produk
starbucks karena inovasinya, mereka juga ingin menunjang kebutuhan hidup yang
menjadi life style mereka.
Rekomendasi
Produk
starbuck memiliki banyak varian, namun sayang harga dari produk ini cukup
tinggi sehingga yang dapat menikmati produk starbuck hanya kalangan tertentu
saja. Seharusnya, harga produk jangan terlalu tinggi, agar semua kalangan dapat
menikmatinya.
Menurut saya penulisan pada "Dalam memasarkan produknya ada beberapa startegi yag dilakukan oleh perusahaan ini, antara lain :
BalasHapus1. Membeli sewa kedai pesaing
2. Sengaja mengalami kerugian
3. Memusatkan beberapa kedai di daerah kecil (penjenuhan pasar)
4. Lokasi kedai Starbucks yang strategis (Mall, stasiun kereta, bandar udara, dsb)." agar dirapikan. overall bagus kok :)